90s “Know Them” – Cast

Musik dari Inggris pada era 90an sangat dekat di hati saya. Era 90s Britpop datang begitu cepat; dan pergi begitu cepat. Masa di mana musik masih belum se-instan sekarang. Membeli musik harus antre masuk toko kaset; atau bahkan lompat beberapa toko kaset yang masih menjual album yang kita incar. Sekarang, semua begitu instan. Klik, skip, fast forward, rewind, download, copy, sync, delete. Teknologi memang membuat semua lebih praktis dan hemat waktu, tapi saya cukup bersyukur masih mengalami masa di mana setiap album yang dibeli pasti saya dengar penuh dari lagu pertama sampai lagu terakhir.

Kali ini saya akan mengulas salah satu band dari Liverpool yang pertama kali terkenal pada tahun 1992. Band ini bernama Cast, yang dibentuk oleh John Power. John adalah mantan anggota band The La’s, yang mengundurkan diri karena ia merasa bosan dengan lagu-lagu band lamanya dan ingin bisa membawakan lagu ciptaannya sendiri.  Untuk pengalaman membaca yang lebih nyaman, siapkan earphone dan baca artikel ini sambil mendengarkan lagu yang saya tautkan di bawah ini :)

Lagu di atas berjudul “Alright”, yang merupakan single kedua yang dirilis oleh Cast. Lho, ternyata ada lagu Britpop berjudul “Alright” lagi, selain yang dinyanyikan oleh Supergrass? Dari segi popularitas, mungkin memang lagu yang dibawakan Supergrass lebih populer, bagaimana menurutmu, mana yang lebih “alright”? :)

John Power dan kawan-kawannya, membawakan lagu-lagu yang ceria dan mereka sempat menjadi band pembuka untuk Elvis Costello dan Oasis. Bahkan pada saat touring bersama Oasis inilah, mereka mendapatkan signing dengan perusahaan Polydor.

Penerimaan atas dua lagu pertama ini melahirkan album “All Change” yang merupakan album pertama mereka. Album ini mencapai predikat double platinum dan mengawali perjalanan panjang karir musik Cast. Mereka masih aktif bermusik hingga sekarang, setelah mengalami beberapa perubahan personil.

Berikut beberapa lagu kesukaan saya dari Cast, dan bisa jadi “starting point” kalau para pembaca ingin mengetahui lebih banyak tentang mereka.

  1. Mirror Me
  2. Guiding Star
  3. Finetime
  4. Four Walls

Beberapa lagu Cast ada di playlist Britpop saya di Spotify, bisa diikuti di sini.

Comments 3

  1. Mbandah November 19, 2018
    • Arief November 19, 2018
  2. tràng an palace December 23, 2019

Leave a Reply

CommentLuv badge